Monday, April 18, 2011

Pesan ERROR yang sering muncul pada Web Server


Kadang kala blog atau web kita tidak bisa diakses, dan muncul beberapa pesan error. Seperti 403, 404, 500 error bad gateway dan lain-lain. Sebenarnya apa sih arti dari pesan-pesan error tersebut?akan saya jelaskan sedikit dibawah ini.
HTTP Error 404 – Not Found

Ada dua kemungkinan penyebab yang sering terjadi apabila muncul pesan seperti ini.
File yang diakses tidak ada, apabila Anda sebagai pemilik web tersebut, silahkan coba file yang Anda akses, apakah ada atau tidak pada folder public_htm. Namun jika file ada tetap muncul pesan error seperti diatas maka kita ke point 2.
URL rewritenya tidak benar, URL rewrite digunakan untuk membuat link-link pada website Anda menjadi lebihsimpel dan bagus. Dan perintah-perintah URL rewrite diletkan pada file .htaccess jadi silahkan periksa kembail perintahnya, apakah sesuai dengan link yang Anda akses.


HTTP Error 403 Forbidden

Muncul error seperti diatas paling sering terjadi disebabkan oleh permission pada folder/file yang dituju tidak membolehkan untuk dilihat oleh publik. Apabila Anda ingin mengijinkan publik untuk mengakses folder/file tersebut silahkan set permissionnya menjadi 755 atau 644.


HTTP Error 500 – Internal Server Error

Hal ini seperti diatas paling sering disebabkan kesalahan pada perintah-perintah di file .htaccess. Jadi coba cek kembali perintah-perintah yang Anda masukkan.


HTTP Error 503 – Service Unavailable

Pesan kesalahan ini mengisyaratkan bahwa server web tempat situs anda berada saat ini tidak dapat menangani permintaan HTTP dari browser karena proses di server telah melebihi batas kapasitas yang ditentukan (atau sedang kelebihan beban).


HTTP Error – Bad Gateway

Pesan kesalahan ini terjadi ketika salah satu server yang terlibat dalam proses akses kesitus web yang sedang anda tuju mengalami masalah. Hal ini umumnya tidak disebabkan oleh program di sisi pengunjung, melainkan disisi aplikasi / script di server web, atau jaringan yang menuju ke server atau di sisi ISP. Meskipun penyebab masalahnya tidak terjadi di sisi Anda, kami menyarankan agar anda melakukan hal-hal berikut:

Mencoba untuk mengulangi akses ke situs web anda dengan merefresh, atau mengetik alamat langsung.

Jika error di atas terjadi pada saat anda mencoba script cgi/perl/php, silahkan periksa kembali sintaks-sintaks script tersebut. Menurut pengalaman kami, script-script cgi/perl/php yang memiliki kesalahan sintaks juga dapat menghasilkan pesan error seperti diatas pada saat di eksekusi.

Namun pesan semua kesalahan yang disebutkan diatas belum tentu penyebabnya merupakan yang dijabarkan tadi, untuk lebih jelasnya Anda dapat membuka error_log.

Nah itu lah arti dari pesan error yang kadang mengahmpiri blog kita. Semoga membantu.

0 comments:

Post a Comment