Monday, April 11, 2011

Pengalaman Tergaptek Menginstal Windows Seven Ultimate X86

Tadi malam tepatnya dini hari tadi merupakan pengalaman yang benar-benar gaptek alias pengalaman Tergaptek blogger gaptek saat pertama kali nekat mencoba menginstal Windows 7 (Seven) di Netbookku.

Netbook Hp Mini 210 - 1006 TU Black Series

Beberapa pengalaman tergaptekku ini mungkin bisa diambil manfaatnya bagi sobat Tergaptek, he.
Berawal dari rasa galau karena game Winning Eleven 9 terkadang tidak bisa dimainkan di netbookku yang sebelumnya ber OS Windows 7 Starter, entah angin gaptek apa yang membuatku tiba-tiba memberanikan diri untuk mencoba menginstal windows 7 versi ultimate di netbook .

Tindakan yang bisa dibilang nekat karena : 
Pertama, aku sama sekali belum pernah menginstal Seven. Kedua aku juga sama sekali tidak mengetahui DVD windows yang aku kopi dari temanku itu jeroannya seperti apa, sudah di crack apa belum dan tidak ada serial numbernya.

Namun dasar hakikat GAPTEK jadi walaupun tanpa persiapan apa-apa aku nekat mencoba instal Seven dengan DVD eksternal yang masih perawan (belum pernah aku pakai sebelumnya, he). jadi itung-itung mencoba ketangguhan DVD eksternal yang aku miliki itu.

Ngomong-ngomong soal DVD Eksternal, ternyata cukup mendebarkan juga kalau digunakan untuk menginstal windows, bisa mati sendiri kasetnya gak mutar-mutar untung tidak sampe gagal instalasinya.


Bermodalkan sebuah DVD yang kata temanku itu Isinya Windows Seven aku memulai proses instalasi.


Langkah-langkah saat melakukan Instalasi Windows Seven di Netbook HP mini 210 106 , sebagai berikut :

1. Yang paling pertama di siapkan ialah DVD instalasi dan juga Dvd Eksternal (bisa juga dengan Flashdisk, tapi belum pernah ku coba) .
2. Setting di Bios agar booting dari DVD eksternal caranya saat booting tekan 'ESC | lalu tekan F9'

3. Proses selanjutnya gampang banget tinggal next next,, yah milihnya pake perasaan aja, improvisasi gituh,, wkwk.


Didalam proses instalasi tadi ada hal yang membuatku malu sendiri dengan kegaptekan dan ke sok tauanku.

Sebelumnya yang aku tahu Sistem Operasi Windows terdapat dua pilihan yaitu :
Windows 32 Bit dan 64 Bit (64 bit katanya Lebih cepat dan bisa digunakan untuk memori ram yang besar lebih dari 32 bit yang hanya maksimal 3,2 Gb).

Namun dari opsi pilihan saat aku menginstal, aku sama sekali tidak menemukan pilihan 32 bit dan 64 bit. Yang ada hanya pilihan x86 dan x64, karena gaptek, aku mengasumsilan x86 itu ialah windows 86 bit sedangkan yang x64 itu 64 bit, karena berfikiran seperti itu maka saat menginstal aku memilih yang x64 (Karena kalo 86 bit kegedaan menurutku buat spek netbook yang aku gunakan dengan Ram hanya 1 Gb)

Dengan langkah mantap dan pasti akhirnya proses instalasi kulanjutkan dengan memilih opsi Windows 7 Ultimate X64.  Setelah proses instalasi selesai Windows ultimate tampil dengan keren dan sangat cepat, namun setelah aku mencoba menginstal beberapa driver yang krusial yaitu Driver Vga yang terjadi malah erorr, dikatakan hardware tidak support dan Brigthnes tidak dapat di atur, ikon brightnes tidak berfungsi sama sekali.

Karena menemukan erorr seperi itu selang berapa menit aku coba instal lagi namun aku menginstal dengan Os Windows Xp saja kali ini karena pikirku kalau memaksakan menginstal windows seven yang 64 bit aja gak bisa apalagi yang 64 bit, he. Setelah selesai instalasi windows Xp ternyata juga mengalami erorr, Karena melakukan instalasi di jam 2 dinihari jadi kurang konsentrasi maka aku keliru dan menginstal Windowsnya di drive D: , he. Ditambah lagi setelah aku instal Antivirus Nod32 keadaan semakin parah, semua file Exe di system langsung dianggap Virus (Mungkin akibat aku yang selama ini tidak pernah mengaktifkan antivirus sebelumnya, he)

Karena erorr maka malam dinihari itu aku tinggal tidur dulu dengan perasaan masih galau dan tangan gatal pengen coba instal ulang lagi.

Pagi aku terbangun, langsung mencoba untuk instalasi ulang lagi dengan menggunakan hiren boot (Norton Ghost) akan tetapi kubatalkan karena tidak ada drive C untuk menginstal.

Karena masih sangat penasaran dan tujuan utamaku sebenarnya melakukan instalasi ulang yaitu bisa kembali Memainkan game Winning Eleven 9 lalu mencoba Patch Pes 2011 belum tercapai makai pagi tadi aku mencoba melakukan instalasi windows Seven Ultimte, namun bedanya pagi ini aku barengi dengan searching-searching.

Dari komentar yang ada di sebuah blog aku menemukan Fakta yang membuatku sangat Down karena sama sekali gak terpikir  yaitu :

Windows Seven Ultimate X86 = Windows Seven Ultimate 32 Bit

Windows Seven Ultimate X64 = Windows Seven Ultimate 64 Bit

Sebuah fakta yang sama sekali aku gak mengira ternyata angka 86 bukan seperti 64 yang artinya BIT. Aku kira X86 lebih besar dibanding X64 jadi bitnya lebih besar, he.

Proses instalasi aku lanjutkan dengan memilih X86 , sampai selesai lancar jaya dan semua driver bisa terinstal denga baik, walau sempat tidak berfungsi juga tombol briggtnes kemabali bisa difungsikan setelah terinstal Driver VGA. Setelah itu Software pertama kali setela driver  yang aku instal ialah "Winning Eleven 9"
Karena tujuan utamaku memang agar bisa memainkan game ini lagi, he. Aku coba Patch game ini  agar seperti tampilan  Pes 2011 ternyata berhasil dan game lumayan jadul ini tampilannya keren. Jadi tidak sabar beli Joystick, he. (Winning Eleven Update / Patch Pes 2011 AHMED......)


Kesimpulan dari proses instalasi Windows Seven khususnya di Netbook Hp mini :

1. X86 = 32 bit bukan 86 bit

2. Windows Ultimate X64 sangat cepat namun hardware netbook belum support.

3. Tombol Bright tidak berfungsi di windows Seven sebelum terinstal driver VGA.


0 comments:

Post a Comment